Selasa, 20 Mei 2008

Tentang Dunia

Mari amati dunia tempat kita tinggal!


Content of Cosmos

Isi alam semesta ada banyak ragamnya. Kita dapat menemukan galaksi, bintang, planet, batuan, gunung, hewan, manusia, air, logam, molekul, api, listrik, cahaya, dan sebagainya. Pada dasarnya, semua isi alam semesta dapat kita kelompokkan ke dalam tiga kelompok berikut.

Materi yaitu segala sesuatu yang menempati ruang. Dari kajian fisika modern, materi meliputi partikel, gelombang, dan energi.

Kehidupan terdapat dalam beberapa "materi". Definisi kehidupan sendiri sukar dirumuskan, namun ciri-cirinya mudah diindera. Ciri-ciri kehidupan yaitu adanya inisiatif berbuat. Dalam bahasa manusia, materi yang hidup ini disebut makhluk hidup. Hewan merupakan makhluk hidup.

Akal ada pada jenis makhluk hidup tertentu. Akal memungkinkan pengaitan antara informasi awal dan fakta. Akal dimiliki oleh manusia. Dengan akal, manusia membedakan diri dari hewan.


Likable Life

Segala jenis makhluk hidup memiliki inisiatif berbuat sesuatu. Perbuatan dilakukan karena adanya kebutuhan. Dapat kita temukan bahwa ada dua macam kebutuhan dalam tiap makhluk hidup.

Kebutuhan jasmani dipicu oleh aktivitas metabolisme dalam tubuh. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi, bisa terjadi kerusakan fisik atau bahkan kematian.

Kebutuhan naluri dipicu oleh perangsang dari luar tubuh. Berbeda dengan kebutuhan jasmani, tidak terpenuhinya kebutuhan naluri tidak akan menimbulkan kerusakan, hanya kegelisahan.

Rupanya naluri sendiri ada berbagai-bagai. Pada dasarnya, bermacam-macam naluri ini dapat dikelompokkan ke dalam tiga kelompok.

Naluri mempertahankan diri menjadikan tiap makhluk hidup selalu berusaha menunjukkan atau mempertahankan keberlangsungan dirinya. Contoh perwujudan naluri ini yaitu kemarahan hewan ketika wilayahnya dimasuki atau makanannya direbut dan keinginan manusia mengungguli lawan-lawannya atau keinginan selalu diliputi kemudahan hidup.

Naluri melestarikan jenis menjadikan tiap makhluk hidup selalu ingin melestarikan keberadaan jenisnya. Contoh perwujudan naluri ini yaitu rasa tertarik pada lawan jenis, rasa sayang pada anak, keluarga, kerabat, dan rasa simpati atas nasib pihak lain.

Sementara itu pada manusia, terdapat naluri mengagungkan sesuatu yang dianggap memiliki kelebihan. Contoh perwujudan naluri ini yaitu pengagungan pahlawan, orang yang berjasa pada dirinya, dan bahkan pemujaan benda yang dianggap memiliki kekuasaan atas nasib manusia.


Miraculous Mind

Akal merupakan pembeda manusia dari hewan. Akal adalah kemampuan mengaitkan informasi dengan fakta untuk menghasilkan kesimpulan atas fakta tersebut. Akal, sebagai bagian dari dunia, tentu memiliki keterbatasan. Berikut batasan-batasan akal.

Akal membutuhkan fakta yang akan dipikirkan. Kalau tidak ada fakta, tidak akan ada pemikiran.

Akal butuh alat indera. Ini karena informasi mengenai fakta yang akan dipikirkan diterima melalui alat indera. Tanpa alat indera, tidak ada informasi yang diperoleh.

Akal butuh otak. Meskipun otak merupakan hal penting dalam aktivitas berpikir, namun adanya otak saja tidak berarti adanya kemampuan berpikir. Hewan tidak mampu berpikir meskipun punya otak.

Akal butuh informasi awal. Tanpa informasi awal, tidak ada proses berpikir.

Tidak adanya salahsatu saja dari keempat hal di atas akan menyebabkan aktivitas berpikir tidak berjalan.


Humble Human

Dengan akalnya, manusia mampu berpikir. Timbul pertanyaan mengapa manusia, dengan segala potensi dan keterbatasannya, ada di dunia. Apa tujuan hidup manusia dan bagaimana cara menjalani hidup? Sayangnya, akal tidak mampu memberikan jawaban 100% benar.

Kepastian masa depan di luar kuasa manusia. Manusia hanya bisa meramalkan atau mengusahakan terjadinya sesuatu, bukan memastikan. Timbul pertanyaan mengenai kepastian masa depan. Mau ke mana hidup manusia? Sekali lagi sayang, akal tidak mampu memberikan jawaban 100% benar.

Sementara itu, adanya manusia dan dunia merupakan sesuatu yang pasti. Timbul pertanyaan mengenai asal dunia dan isinya. Dari mana asal dunia? Syukurlah akal mampu memberi jawaban 100% benar atas pertanyaan ini.

Tidak ada komentar: